Photo : Icon WhatsApp, Instagram, dan Messenger

VIAKLIK.COM – Internasional | Situs pemantau kerusakan Downdetector.com menerima 106 juta laporan terkait gangguan Facebook dan WhatsApp dari AS hingga Singapura. 

Laporan gangguan tersebut pertama kali muncul pada 15:45 GMT. Layanan aplikasi media sosial tersebut tidak dapat perbaiki bahwan setelah beberapa jam.

Menurut Downtecter gangguan Facebook berlanjut hingga pukul 21:00 GMT, atau lebih dari kurang 6 jam, dan hal tersebut menjadi gangguan terbesar yang pernah ada.

Facebook dalam keterangannya di Twitter mengatakan bahwa mereka menyadari beberapa orang mengalami masalah dalam mengakses app dan produk mereka. 

Pesan serupa juga diposting di akun Twitter WhatsApp yang mengkonfirmasi masalah tersebut. 

Al Jazeera tidak dapat mengonfirmasi secara pasti apa yang dapat mempengaruhi masalah tersebut.

WhatsApp mengalami masalah pada senin sore yang menyebabkan lebih dari 35.000 penggunanya mengalami gangguan untuk mengakses platform tersebut, dan juga sekitar 98.800 pengguna Facebook Messenger yang juga mengalami gangguan tersebut.

Alan Fisher dari Al Jazeera melaporkan dari Washington DC, bahwa konsumen di AS, Eropa, Afrika, dan Timur Tengah juga melaporkan terkait masalah tersebut.

Fisher mengatakan ada masalah teknis, dimana menurutnya kejadian tersebut sangat mengkhawatirkan.

“Maaf. Kami sedang mengerjakan ini dan akan segera memperbaikinya”. Begitu pesan kesalahan yang muncul di Facebook.com sepanjang hari. Pesan ini menunjukkan bahwa ada kesalahan Domain Name System (DNS).(Fisher/Al Jazeera)

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM