VIAKLIK.COM – Tips | Manajemen waktu sangat berguna bagi kita yang memiliki banyak kegiatan dalam sehari, yang terkadang sering kali kurang maksimal melakukan aktifitasnya karena kurang terjadwal atau teratur waktunya.

Maka dari itu buatlah perubahan yang lebih baik dengan memanajemen atau mengelola waktu secara efektif. Dengan begitu tidak akan ada yang namanya waktu terbuang dengan sia-sia.

Kita bisa rasakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik ketika memiliki manajemen waktu, namun tanpa adanya manajemen waktu dalam kehidupan kita sehari-hari, akan sangat terasa perbedaannya.

Maka dari itu, manfaatkanlah waktu untuk hal yang lebih berguna, karena menurut pepatah "Waktu Adalah Uang". Maka dari itu kelola lah waktu kamu sebaik mungkin dan se-efektif mungkin agar tidak ada kegiatan dan waktu yang terbuang sia-sia.

Tips yang akan kami berikan kali ini, bisa diterapkan untuk mengatur waktu baik bagi pelajar maupun bagi mahasiswa.

Lalu bagaimana cara mengatur waktu yang baik ?

1. Buatlah Jadwal Kegiatan

Salah satu caranya untuk memanajemen waktu adalah dengan membuat jadwal kegiatan. Kegiatan yang harus kamu masukkan ke jadwal kegiatan adalah kegiatan yang menurut kamu sangat penting dan menjadi prioritas. Kamu bisa buat jadwal kegiatan di microsoft exel dan diprint serta ditempel ditempat yang sering kamu lihat, misalnya dikamar tidur, dimeja belajar, di meja kerja dan lainnya.

2. Tepati Setiap Jadwal Kegiatan

Buat apa kamu membuat jadwal kegiatan tapi tidak kamu tepati ?

Nah, untuk itu kamu wajib menepati setiap kegiatan yang ada dijadwal yang kamu buat sendiri. Jika kamu kesulitan untuk mengikuti jadwalmu maka buat kesepakatan lagi dan berjanji jika kamu melanggar maka akan ada sanksi yang harus kamu jalani.

Misalnya setiap satu kegiatan yang kamu tidak lakukan, kamu wajib push-up sebanyak 15 kali. Dan hal tersebut bisa mendorong kamu untuk belajar lebih disiplin terhadap waktu.

3. Berani Menolak

Katakan tidak pada kegiatan yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk dilakukan. Misalnya saat didalam jadwal kita harus mengerjakan tugas namun teman kamu mengajak untuk bermain, katakan tidak jika kamu ingin fokus terhadap tujuan utama kamu, yaitu dengan memaksimalkan waktu dalam sehari agar lebih efektif dan tidak terbuang secara sia-sia.

4. Membuat Alarm Kegiatan

Hal ini sebenarnya bukan hal wajib untuk kamu lakukan, namun agar manajemen waktu berjalan secara maksimal buatlah alarm setiap jadwal kegiatan. Jadi jika kamu tidak melihat jam namun kegiatan baru harus segera dimulai, maka alarm tersebut akan mengingatkan kamu untuk melakukan kegiatan sesuai jadwal. Namun, jika alarm ini mengganggu orang disekitar kamu maka jangan pakai point yang satu ini agar kamu senang, dan orang lain pun tidak terganggu. Lebih sederhana lagi jika kamu mengaktifkan alarm hanya pada waktu atau kegiatan yang sering kamu lupakan.

Demikianlah cara mengatur waktu untuk kegiatan sehari-hari, semoga kamu bisa memaksimalkan waktu secara bijaksana.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM