Photo : Gambar Ilustrasi Jenis Olahan Buah - Buahan

VIAKLIK.COM – Kuliner | Mengolah Buah Menjadi Beragam Jenis Makanan – Tidak hanya nikmat ketika langsung di makan, ternyata, buah - buahan segar dapat di olah menjadi berbagai jenis makanan yang nikmat. Tidak hanya sekedar di Jus atau di jadikan salad buah, namun masih banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menikmati buah – buahan segar tersebut.

Berikut kami rangkum untuk kamu, cara pengolahan buah – buahan yang mungkin belum pernah kamu pikirkan sebelumnya.

1. Buah Goreng

Mungkin kamu belum pernah mendengar kalau buah ada yang digoreng. Namun ada beberapa jenis buah yang memang memiliki sensasi tersendiri setelah di goreng.

Beberapa buah seperti Nanas, Pisang, Cempedak, Nangka sampai Apel goreng akan terasa lebih nikmat setelah di goreng. Kamu dapat menikmatinya dengan ditemani sajian secangkir kopi, teh ataupun susu panas. Sangat cocok di saat santai di pagi ataupun sore hari, dan lebih mantapnya lagi kalau dalam suasana udara dingin.

2. Buah Bakar

Mungkin yang paling sering kjta ketahui adalah pisang bakar. Tapi ternyata masih banyak buah yang bisa di bakar, contoh buah nanas, plum dan persik.

Sebelum di bakar, buah – buahan tersebut di potong terlebih dahulu. Rendam ke dalam air selama 10 menit setelah membuang bijinya. Setelah 10 menit, tiriskan dan oleskan margarin baru di bakar di api besar. Jangan terlalu lama membakarnya, cukup sampai warna kecoklatan atau kekuningan saja supaya rasa buat tidak banyak berubah

3. Buah Beku / Dingin

Menikmati buah beku atau dingin sambil bersantai bersama keluarga atau sekedar kudapan sambil menonton televisi juga mempunyai sensasi tersendiri. Berbagai buah seperti buah pisang, anggur, mangga, apel bisa menjadi salah satu pilihan.

Selain di bekukan begitu saja bisa juga bisa di blender terlebih dahulu dan di masukkan ke dalam cetakan es krim.

4. Jus Buah

Cara yang paling mudah dan sering dilakukan tanpa perlu takut rasa dari buah tersebut berubah. Kamu hanya perlu blender buah dan buah siap di nikmati. Anda juga bisa menambahkan pemanis atau susu dan es sesuai dengan selera.

5. Selai Buah

Buah-buahan bisa di buat menjadi selai yang menggugah selera. Selai bisa di nikmati bersama sepotong roti atau telur omelet. Untuk tomat lebih pas di buat menjadi saus.

6. Buah panggang

Buah Panggang bisa berupa selai di dalam roti atau kue seperti Pie dan Muffin. Namun bisa juga di nikmati buah panggang asli, yang tidak akan berkurang rasa buahnya ketika di panggang dalam oven. Karena buah mengandung banyak air sebaiknya memanggang dalam suhu rendah atau waktu singkat saja, kurang lebih 30 menit.

Cara memanggang buah, cukup dengan menempatkan beberapa potongan buah ke dalam loyang yang telah di lumuri minyak, lalu taburi kayu manis, bubuk biji pala, cengkeh dan tambahi taburan gula, gandum, kacang-kacangan dan tepung untuk menambah kelezatan.

7. Buah Rebus

Selain pisang, ada juga buah - buahan lain yang bisa dinikmati dengan cara direbus, seperti Pir, Apel dan Jambu Biji. Caranya dengan, rebus buah dengan bubuk kayu manis, daun jeruk, dan daun pandan. Salah satu cara menikmati nya dengan dilumuri oatmeal dan yogurt.

8. Acar Buah

Nanas, Timun, Bengkoang, Kedondong dan Mangga adalah beberapa buah yang cocok di buat acar. Nikmati acar buah saat menikmati steak, sate bahkan soto.

9. Salad Buah

Makanan sehat yang terdiri dari potongan aneka buah seperti Melon, Apel, Nanas, Pepaya, Anggur, Semangka, Stroberi ini sangat digemari. Campurkan mayonaise untuk menambah kelezatan.

10. Buah Celup

Buah seperti Apel, Anggur, Stroberi, Kiwi di iris lalu di tusuk seperti sate. Lalu celupkan atau siram dengan coklat hitam ataupun coklat putih cair. Rasa manis coklat akan berpadu dengan kelezatan buah.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM