Foto (pexels.com/Ella Olsson) : Makanan Sehat Untuk Kekebalan Daya Tahan Tubuh

VIAKLIK.COM – Kesehatan | Makanan Sehat Yang Mampu Meningkatkan Kekebalan Daya Tahan Tubuh - Sistem kekebalan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk kita jaga agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Meningkatkan kekebalan tubuh pada dasarnya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui pola hidup sehat dan juga pola konsumsi yang sehat.

Pola hidup sehat dapat dilakukan dengan menghindari kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok serta rajin berolahraga, sedangkan pola konsumsi sehat dapat dilakukan dengan mengatur jadwal dan bahan makanan yang ingin dikonsumsi.

Berbicara mengenai makanan sehat, kali ini kami akan membagikan beberapa informasi mengenai apa saja makanan sehat yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

Apa sajakah makanan tersebut ?

1. Bawang Putih

Bawang putih telah terbukti mampu meregulasi berbagai hormon dan aliran darah dalam tubuh manusia. Selain itu, bawang putih juga sangat kaya akan allcin yang berguna untuk melawan bakteri yang ada di dalam tubuh manusia

2. Daging

Makanan sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang kedua adalah Daging. Kandungan Zinc yang ada di dalam daging telah terbukti mampu meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Sel darah putih sendiri memiliki manfaat yang sangat banyak terhadap sisitem kekebalan tubuh manusia.

3. Yoghurt

Yoghurt merupakan produk olahan dari susu yang ditambahkan dengan berbagai bakteri yang baik untuk tubuh. Bakteri baik yang terkandung dalam Yoghurt memiliki manfaat yang sangat besar terhadap lancarnya proses pencernaan. Kelancaran sistem pencernaan sendiri sangat dibutuhkan untuk membentuk sistem imun yang kuat.

4. Telur

Telur juga merupakan salah satu makanan sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Kandungan vitamin D yang ada pada telur mampu membasmi berbagai macam jenis penyakit. Selain itu, vitamin D juga sangat berguna untuk memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar sangat terkenal akan kandungan vitamin A nya yang cukup tinggi. Kandungan vitamin A yang ada pada ubi jalar ini memiliki fungsi sebagai pendukung perkembangan jaringan dalam tubuh manusia. Selain itu, ubi jalar juga memiliki peranan yang besar terhadap kesehatan kulit. Seperti yang telah kita ketahui, kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia yang sangat penting keberadaannya untuk menjaga daya tahan tubuh.

6. Lemon

Buah Lemon yang sangat kaya akan vitamin C sangat berguna dalam membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Daging buah lemon memiliki khasiat yang baik untuk membantu tubuh melawan berbagai macam bibit penyakit. Selain itu, buah lemon juga dapat membatu melawan radang yang terjadi di dalam tubuh.

7. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli memiliki kandungan vitamin yang tinggi. Beberapa jenis vitamin yang terkandung dalam sayur-sayuran hijau yaitu diantaranya vitamin A, B1, dan C. Kandungan 3 buah vitamin ini memiliki kegunaan sebagai zat peningkat kekebalan tubuh. Selain ketiga vitamin tersebut, sayuran hijau juga mengandung zinc yang berguna untuk meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh manusia.

8. Alpukat

Buah Alpukat memiliki kandungan lemak nabati serta serat yang mampu memperlancar sistem pencernaan manusia. Kandungan vitamin A, B1, dan C dalam buah ini juga berguna untuk menambah kekebalan tubuh. Buah Alpukat merupakan salah satu alternatif yang tepat bagi Anda yang sedang melakukan program diet sehat.

9. Jahe

Makanan sehat untuk meningkatkan kekebalan tubuh yang terakhir adalah Jahe. Buah jahe dikenal memiliki kemampuan antimikroba dan juga antioksidan yang sangat kuat. Dengan mengonsumsi jahe secara teratur tubuh akan menjadi lebih kuat dan sehat.

Itulah beberapa makanan sehat yang mampu meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM