Photo : Ilustrasi Perbedaan Smartphone ASLI dengan REPLIKA

VIAKLIK.COM – Teknologi | Perkembangan Teknologi Gadget saat ini, membuktikan kecerdasan manusia yang semakin maju. Dimana dari waktu ke waktu, dapat kita lihat bahwa perkembangan teknologi semakin maju dan canggih. Di sisi lain, gadget telah menjadi kebutuhan serta menjadi gaya hidup (lifestyle) bagi banyak orang . Banyak orang berlomba - lomba dan berusaha untuk bisa memiliki sebuah smartphone, ketika muncul produk atau seri terbaru. Sering kita melihat, dimana banyak orang rela menunggu antrian dan mengeluarkan biaya mahal untuk mendapatkan smartphone dengan seri terbaru.

Kalau dilihat dari sisi kemajuan industrinya, tentunya akan memberikan dampak yang positif. Namun disisi lain, ada dampak yang muncul dari perkembangan teknologi tersebut. Dimana ketika banyak orang berlomba – lomba untuk mendapatkannya, hal tersebut menjadi lahan bisnis bagi sebagian orang untuk mendapatkan untung dengan meniru produk yang baru dirilis. Tentu akan sangat menyakitkan ketika kamu telah menunggu lama untuk mendapatkan smartphone keluaran terbaru yang asli, namun diberikan barang tiruan yang hampir sama persis dengan aslinya.

Nah, untuk itu sebagai konsumen, kamu wajib mengetahui bagaimana membedakan produk Smartphone yang  Asli dengan Tiruan (Replika) agar tidak kecewa dan mengalami kerugian.

Berikut kami berikan beberapa cara membedakan smartphone asli dan tiruan yang kami kutip dari berbagai sumber, agar kamu tidak rugi dan menyesal.

1. Membaca Dengan Jelas Spesifikasinya

Perlu diperhatikan, bahwa Smartphone edisi terbaru yang ada saat ini, telah mendukung hampir semua jenis jaringan. Baik jaringan GSM, 3G, HSDPA/ 4G, hingga jaringan terbaru saat ini 5G untuk sebagian ponsel. Namun beberapa smartphone tiruan mungkin tidak mendukung untuk beberapa jaringan tertentu. Selain dari hal diatas, jenis prosesor pada perangkat pun  dapat dijadikan sebagai perbandingan. Berikutnya, kapasitas ROM dan RAM yang terdapat pada gadget tersebut terlihat signifikan. ROM dan RAM pada smartphone asli umumnya memiliki kapasitas yang lebih besar dibanding dengan smartphone tiruan, dimana pada smartphone tiruan ukurannya tergolong rendah atau terbatas. Kamu juga dapat melihat bagian layar, Wi-Fi, kamera, Bluetooth dan lain sebagainya, untuk dijadikan standar penilaian apakah smartphone tersebut asli atau tiruan.

2. Melakukan Pengecekan Nomor IMEI

Untuk melakukan hal ini, kamu dapat melihatnya dengan cara membuka menu panggilan lalu kemudian menekan kode *#06# maka pada layar akan ditampilkan nomor IMEI. Setelahnya, kamu dapat menyamakannya dengan nomor yang terdapat pada kotak produk.

3. Cek Perangkat Dengan Aplikasi Benchmark

Kamu dapat mengunduh aplikasi Benchmark untuk mengetahui informasi yang terdapat pada gadget. Dengan aplikasi tersebut, performa dan kecepatan dari perangkat yang kamu coba akan ditampilkan secara rinci.

4. Melihat Dengan Detail Bentuk Desain Dan Warna

Setiap perusahaan tentu memiliki ciri khas akan produk yang dirilisnya. Meskipun secara sekilas terlihat sama, namun bentuk desain dan warna dari perangkat smartphone yang asli dan tiruan tentu saja memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari ukuran layar, berat. Rincian dari perangkat tersebut pun dapat kamu jadikan sebagai dasar untuk mendeteksi apakah perangkat tersebut asli atau replika.

5. Menggunakan Data Exif Foto

Cara berikut tergolong mudah untuk dilakukan, kamu dapat menggunakan Data Exif Foto yang diambil dengan menggunakan kamera pada perangkat tersebut. Dari data tersebut, kamu dapat mengetahui secara pasti keaslian dari perangkat tersebut. Dimana ketika kita mengabadikan sebuah obyek dengan menggunakan kamera pada smartphone, kita dapat melihat Data Exif Foto yang lengkap pada properties gambar tersebut, baik di galeri smartphone maupun di PC atau laptop.

6. Cek Kartu Garansi

Metode berikut tidak dapat dijadikan sebagai acuan utama. Dimana saat ini sudah banyak oknum yang dapat membuat kartu garansi tiruan. Meskipun melakukan pengecekan pada kartu garansi tidak dapat dijadikan sebagai senjata utama, namun kamu dapat menggunakannya sebagai metode dukungan.

7. Memeriksa NFC Connector Baterai

Ketika membuka baterai diperangkat mobile, kamu akan melihat baris NFC connector seperti jalur timah kuning. Nah, menurut informasi, NFC Connector pada smartphone tiruan akan terlihat lebih jelas, sedangkan pada perangkat asli, hanya akan terlihat sedikit saja dan terkesan terlindungi.

8. Membandingkan Kualitas Dan Harganya

Hal berikut merupakan cara terakhir yang kamu dapat lakukan untuk mengetahui apakah suatu barang asli atau merupakan barang tiruan. Perbandingan harga akan terlihat jelas ketika kita membeli sebuah produk yang asli atau tiruan. Harga produk yang asli tentu akan jauh lebih tinggi dibanding dengan produk KW atau tiruan. Kemudian, spesifikasi smartphone yang asli, tidak akan sama dengan produk tiruan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sajikan mengenai bagaimana Cara Membedakan Smartphone yang Asli dengan Tiruan. Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat bagi kita semua.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM