Foto (pexels.com/Andrei Turca) : Blueberry, Salah Satu Makanan Yang Mampu Membantu Mencegah Kanker Payudara

VIAKLIK.COM – Kesehatan | 7 Jenis Makanan Yang Mampu Membantu Mencegah Kanker Payudara – Kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh abnormalitas sel - sel dalam tubuh manusia. Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyumbangkan tingkat kematian di seluruh dunia. Bagi para wanita, pasti sudah tidak asing dengan yang namanya penyakit kanker. Ada dua jenis penyakit kanker yang paling sering diderita oleh kaum wanita yaitu, kanker payudara dan juga kanker rahim ataupun serviks.

Kanker pada dasarnya dapat dicegah. Beberapa cara yang terbukti ampuh untuk mencegah penyakit kanker adalah dengan mengatur pola makan dan juga pola hidup sehat. Menghindari berbagai macam makanan instan dan junkfood merupakan salah satu cara terbaik untuk mencegah kanker. Dibandingkan dengan mengonsumsi junkfood ataupun makanan instan, maka sebaiknya kamu mengonsumsi makanan-makanan yang lebih sehat untuk tubuh kamu.

Kali ini, kami akan membagikan sedikit informasi mengenai berbagai jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah kanker payudara. Apa sajakah makanan tersebut ?

Berikut ini kami rangkumkan untuk kamu :

1. Blueberry

Makanan untuk mencegah kanker yang pertama adalah blueberry. Blueberry memiliki kandungan fitokimia yang berkhasiat untuk menghentikan perkembangan sel - sel kanker. Kandungan fitokimia ini bahkan mampu menghentikan penyebaran sel kanker triple-negatif pada payudara yang dikenal sebagai salah satu sel kanker yang paling rumit.

2. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-toksin dan juga telah terbukti mampu menghentikan pertumbuhan dan penyebaran sel - sel kanker. Berdasarkan penelitian yang diuji coba pada sebuah tikus, kunyit telah berhasil mencegah sel kanker payudara menyebar ke paru - paru.

3. Teh Hijau

Teh hijau memang terkenal memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh manusia. Teh hijau memiliki sifat sebagai anti radikal bebas. Kandungan senyawa EGCG dalam teh hijau telah terbukti mampu menurunkan kemungkinan terserang kanker payudara atau mencegah perkembangan sel kanker yang telah tumbuh di dalam tubuh manusia.

4. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti-bakteri. Berdasarkan sebuah penelitian, bawang putih telah terbukti mampu mencegah pertumbuhan sel kanker pada sepotong daging yang mengandung sel kanker. Tidak hanya mampu mencegah perkembangan sel kanker, bawang putih juga mampu menurunkan kandungan karsinogenik yang ada di dalam daging. Sebagai informasi tambahan, bahan kimia karsinogenik merupakan salah satu penyebab utama dari kanker payudara.

5. Brokoli

Makanan untuk mencegah kanker payudara yang selanjutnya adalah brokoli. Kandungan indole – 3 – carbinol yang ada di dalam brokoli telah terbukti mampu melawan sel - sel kanker yang ada di dalam tubuh manusia. Cara kerja zat ini adalah dengan mengubah beberapa zat estrogen penyebab kanker menjadi zat estrogen yang berguna bagi tubuh manusia.

6. Jus Delima (Pomegranate)

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa Jus Delima mampu menghentikan perkembangan sel - sel yang tidak sehat di dalam tubuh. Kandungan beberapa zat yang ada dalam buah ini mampu menghancurkan sel kanker untuk selanjutnya dimusnahkan dan digantikan oleh sel-sel yang baru.

7. Kelp

Kelp adalah makanan rumput laut yang merupakan bagian dari alga cokelat. Makanan rumput laut ini kabarnya memiliki kandungan chlorophylones yang telah terbukti mampu menghambat penyebaran sel - sel kanker pada payudara. Rumput laut Kelp juga memiliki kandungan fucoidan yang mampu menginduksi apoptosis pada kanker payudara.

Itulah beberapa makanan untuk mencegah kanker payudara yang dapat kami sajikan untuk kamu. Agar terhindar dari serangan kanker payudara, maka ada baiknya kamu mengkonsumsi makanan - makanan tersebut secara teratur dan bergantian.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM