Foto (pexels.com) : Brokoli
Foto (pexels.com) : Brokoli

VIAKLIK.COM - Kesehatan | Sayuran Pembakar Lemak | Gaya hidup yang salah dapat menyebabkan menurunnya kesehatan tubuh. Kebiasaan makan makanan instan ataupun ngemil misalnya. Kebiasaan ini dapat menimbulkan tumpukan lemak berlebih pada tubuh. Jika lemak sudah mengumpul, pada akhirnya tubuh akan mengalami obesitas yang diakhiri dengan rentannya tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Agar hal ini tidak terjadi, maka asupan makanan harus senantiasa dijaga dengan baik.

Nah, bagi kamu yang telah terlanjur memiliki kadar lemak berlebih dalam tubuh, berikut ini ada beberapa macam sayuran yang terbukti dapat membakar lemak dalam tubuh manusia.

1. Brokoli

Sayuran pembakar lemak yang pertama adalah Brokoli. Sayur ini merupakan salah satu sayur terbaik untuk kamu yang ingin diet dan mengatasi obesitas. Brokoli memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan kalori yang sangat rendah. Kandungan serat dalam brokoli dapat membantu tubuh mengeluarkan asam empedu serta menekan kadar kolesterol jahat.

Selain kaya akan serat, sayuran berwarna hijau ini juga kaya akan vitamin A, B6, dan riboflamin yang dapat membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Dengan mengonsumsi brokoli secara teratur, lemak dalam tubuh kamu akan berkurang secara perlahan dan juga kamu akan terhindar dari berbagai penyakit pada sistem pencernaan.

2. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam memiliki kandungan zat besi serta vitamin yang sangat tinggi. Beberapa jenis vitamin yang kandungannya cukup besar di dalam sayur bayam adalah vitamin A dan vitamin K. Kedua jenis vitamin ini memiliki kegunaan sebagai media pelancar peredaran darah dalam tubuh. Selain itu, kedua kandungan vitamin ini juga bermanfaat dalam proses metabolisme tubuh yang notabene merupakan proses pembakaran gula dan lemak.

Sayur bayam dan beberapa sayur berdaun hijau lainnya juga memiliki kandungan kalori yang cukup rendah dan juga serat yang sangat tinggi. Sayur bayam misalnya, sayur ini hanya mengandung 23 kalori untuk setiap 100 gram bayam. Dengan mengonsumsi bayam, perut kamu juga akan lebih kenyang mengingat kandungan serat yang cukup tinggi pada sayuran ini.

3. Kacang-kacangan

Sayuran pembakar lemak yang ketiga adalah Kacang-kacangan. Bagi kamu yang ingin diet, kacang-kacangan merupakan makanan yang paling tepat untuk kamu konsumsi. Kacang-kacangan telah terbukti mampu memberikan rasa kenyang yang lebih lama dibandingkan makanan lainnya. Disamping itu, kacang-kacangan juga memiliki kandungan protein dan serat yang sangat berguna dalam proses pembentukan otot dalam tubuh. Beberapa jenis kacang-kacangan juga telah terbukti mampu mengatur keseimbangan gula darah dalam tubuh. Sekedar informasi, kandungan gula darah berlebih dalam tubuh merupakan salah satu penyebab utama menumpuknya lemak penyebab obesitas.

4. Asparagus

Asparagus memiliki kandungan folat yang sangat tinggi. Kandungan folat ini memiliki manfaat sebagai pelawan resistensi atas kandungan insulin di dalam tubuh manusia. Ketika kandungan insulin dalam tubuh meningkat, maka tubuh secara aktif akan memproses kandungan gula menjadi energi yang selanjutnya sangat bermanfaat untuk membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Selain sangat kaya akan folat, sayur yang satu ini juga bersifat diuretik yaitu mampu mengontrol kadar cairan dalam tubuh.

5. Wortel

Kandungan betakaroten pada buah wortel telah terbukti mampu membantu mempercepat proses metabolisme dan juga membakar lemak berlebih pada tubuh manusia. Buah wortel juga sangat kaya akan kandungan serat kalsium pektat yang berguna untuk mengontrol kandungan kolesterol dalam tubuh manusia.

Itulah beberapa sayuran pembakar lemak yang dapat membantu mengatasi ataupun mencegah obesitas pada tubuh. Agar kandungan lemak dalam tubuh dapat terkontrol dengan baik, maka sebaiknya sayuran-sayuran ini dikonsumsi secara teratur.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM