Photo : Ilustrasi Berkendara Di Malam Hari

VIAKLIK.COM – Tips | Kita sering kali terpaksa harus berkendara kesana kesini saat malam hari, tak jarang pula kita harus berkendara diatas jam 12 malam. Hal tersebut memiliki resiko akan kejahatan dijalanan, oleh karena itu kita harus selalu berhati-hati karena ancaman bisa datang kapan saja dan secara tiba-tiba.

Banyak para pengendara yang lebih memilih untuk melakukan perjalanan di malam hari daripada siang hari dengan alas an dapat terbebas dari kemacetan. Namun disamping itu kita juga perlu untuk berpikir tentang resiko berkendara tengah malam, apalagi jika kamu tidak bisa mengendalikan atau memainkan kendaraan yang kamu kendarai.

Disisi lain, suhu pada malam hari pun berbanding terbalik dengan suhu pada saat siang hari, maka dari itu berkendara pada malam hari, tingkat kelincahan memegang sebuah setir jauh lebih kaku daripada saat siang hari. Pada malam hari pun tingkat ketajaman penglihatan kita diuji. Sebenarnya berkendara pada malam hari lebih memiliki resiko yang lebih tinggi daripada saat berkendara pada siang hari.

Untuk itu kamu perlu mengetahui bagaimana cara aman berkendara dimalam hari.

1. Berkendara Dengan Tidak Konsisten

Mengapa harus tidak konsisten ? Karena pada malam hari tingkat kejahatan lebih tinggi, maka kamu harus dapat memainkan gasnya secara tidak konsisten. Misalnya, kecepatan yang kamu pacu dalam berkendara yaitu 90 km/jam lalu turun menjadi 80 km/jam lalu naik lagi. Intinya kamu jangan berkendara stabil di kecepatan tertentu.

Dengan begitu, para penjahat akan berpikir bahwa kita bisa mengendalikan kendaraan yang kita tumpangi dengan lihai sehingga para penjahat berpikir kamu lebih jago berkendara daripada dirinya.

2. Tidur atau Beristirahat Sebelum Berangkat Berkendara

Tidurlah sebelum kamu berkendara dan bangun 1 jam sebelum berkendara, agar tingkat ngantuk kamu akan berkurang saat dijalan. Karena banyak kasus kecelakaan yang terjadi pada malam hari disebabkan karena kondisi pengendara yang mengantuk sehingga tidak bisa menguasai kendaraan dan dijalan yang dilaluinya. Beristirahat sebelum berkendara dimalam hari.

3. Gunakan Gear Serba Terang

Gunakanlah perlengkapan serba terang saat berkendara dimalam hari, termasuk pakaian atau jaket, helm, dan pastikan lampu kendaraan kamu menyala. Hal tersebut bertujuan agar kamu terlihat oleh pengendara lain. Karena terdapat kasus, bahwa seorang pengendara tertabrak oleh pengendara lain karena tidak terlihat keberadaannya, jangan sampai itu terjadi pada diri kamu.

4. Jangan Mencari Jalan Alternatif yang Sepi Pengendara

Karena kamu ingin sampai dengan cepat saat berkendara dimalam hari maka kamu mencari alternatif jalan lain walaupun sepi. Sekali lagi, jangan kamu lakukan hal tersebut karena para pembegal beraksi dijalan - jalan yang sepi dan jarang dilewati para pengendara. Maka dari itu, usahakan melintas dijalan yang ramai agar kamu selamat dari hal - hal yang tidak diinginkan.

5. Jika Ban Kempes atau Kena Paku Jangan Langsung Berhenti

Saat merasakan bahwa kendaraan kamu mendadak terdapat masalah seperti ban kempes atau terkena paku, maka kamu jangan langsung berhenti menepi, tetapi tetap  berjalan sampai jalan yang kamu lintasi dilalui banyak pengendara. Biarlah velg rusak sedikit namun kamu selamat, karena saat malam hari penjahat sering menabur paku pada jalan yang lagi sepi untuk menjalankan aksinya, sehingga saat nanti korban berhenti para penjahat dapat langsung beraksi.

6. Jaga Jarak Dengan Pengendara Lain

Karena kamu berkendara pada malam hari dan suasana gelap maka dianjurkan untuk menjaga jarak agar kamu tidak menabrak pengendara lain, dikarenakan penglihatan yang kurang tajam atau kurang fokus saat malam hari. Sebenarnya jaga jarak dengan pengendara lain pun berlaku saat berkendara disiang hari untuk mengantisipasi saat kendaraan yang didepan berbelok, ataupun melakukan rem mendadak.

Demikianlah tips aman berkendara dimalam hari yang dapat kami berikan. Semoga kita selalu diselamatkan dari bahaya yang ada dijalanan.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM