Photo : Minuman Bandrek

VIAKLIK.COM - KLIK RESEP | Ketika musim hujan telah tiba, maka tidak dapat dipungkiri bahwa akan banyak masalah kesehatan yang muncul disekitar kita. Untuk menghindari hal tersebut, kita wajib merawat kekebalan tubuh supaya tetap sehat. Dimana, transisi cuaca dari panas menjadi dingin seperti saat ini dapat mengakibatkan tubuh menjadi kurang fit bahkan sakit.

Lalu bagaimana cara kita menjaga supaya tubuh tetap sehat dan fit disaat musim hujan tiba ?

Selain rutin berohlahraga, untuk dapat menjaga kondisi badan agar tetap sehat dan fit dimusim hujan, kita juga dapat mengkonsumsi minuman herbal yang mampu menghangatkan tubuh kita. Salah satunya adalah minuman tradisional Bandrek.

Minuman tradisional khas Sunda ini, yang biasa disebut Bandrek, memang sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Minuman tersebut sangat mudah kita temui di hampir seluruh daerah di Indonesia. Bandrek sendiri terbuat dari bahan sederhana, yakni dari air rebusan jahe dan gula merah. Namun banyak orang menambahkan rempah-rempah lainnya, yang dirasa mampu untuk memperkuat efek hangat, dengan menambahkan cengkeh, sereh, gula, kapulaga dan ketumbar.

Namun ada satu hal yang menjadi favorit banyak orang saat meminum bandrek, yakni dengan menambahkan campuran susu kental cair, yang mampu menambah rasa manis dan nikmat minuman tersebut.

Nah, buat kamu yang pingin membuat sendiri dan merasakan nikmatnya minuman Bandrek, kamu bisa baca resep cara membuat bandrek sederhana, dibawah ini :

Bahan Membuat Bandrek Sederhana :
– 300 Gram Gula Aren (ditumbuk halus)
– 3 Buah Jahe (bakar lalu dimemarkan)
– 2 Batang Serai (memarkan)
– 5 Butir Cengkeh
– 2 Helai Daun Pandan
– 5 Cm Kayu Manis
– ½ Sdt Merica Butiran
– ½ Sdt Garam Halus
– 1 Sdm Gula Pasir
– 1 Liter Air Matang

Cara Membuat Bandrek Sederhana :
– Rebus air
– Kemudian masukkan gula merah dan aduk hingga mendidih
– Lalu masukkan lagi serai, jahe, daun pandan, kayu manis, cengkeh, pandan dan garam
– Aduk hingga tercampur dengan rata
– Tunggu hingga mendidih dan keluar aroma harum
– Lalu angkat dan saring (untuk memisahkan bahan yang tidak larut)
– Sajikan dan nikmati minuman Bandrek buatan kamu sendiri.

Untuk hidangan bandrek tersebut, bisa kamu sajikan untuk 4 hingga 5 gelas. Cukup untuk dinikmati keluarga kecil kamu dirumah bukan ?

Minuman Bandrek tersebut juga dapat kamu nikmati dengan ditemani gorengan yang lagi hangat, sambil menikmati rintik hujan yang turun bersama-sama dengan keluarga.

Selamat menikmati.

Dikutip dari berbagai Sumber
Editor : Redaksi Viaklik.com