Gambar : Proses Shutdown di Komputer/ Laptop Windows

VIAKLIK.COM – Tutorial & Tips | Tidak hanya pada sebuah alarm saja, pada sebuah perangkat komputer atau laptop pun kita bisa setting timer shutdown sehingga saat waktu telah tiba maka laptop kita akan secara otomatis mematikan sendiri/ shutdown otomatis.

Ini berguna bagi kamu yang sering meninggalkan komputer atau laptop yang masih menyala dan sudah tidak digunakan lagi, selain itu bisa juga untuk menghemat baterai laptop anda agar tidak terkuras secara sia-sia.

Seperti halnya pada jam weker saat waktu telah menunjukan sesuai dengan jam yang kita setting maka dia akan berbunyi, begitupun dengan timer shutdown pada laptop, saat waktu menunjukan sesuai dengan yang telah kita setting maka akan otomatis men-shutdown komputer atau laptop anda.

Kamu tidak perlu untuk meginstal aplikasi timer shutdown pc karena kita memanfaatkan fitur yang disediakan oleh komputer atau laptop kita. Jadi semua jenis komputer atau laptop bisa mengikuti cara yang akan kami berikan kepada anda. Kami akan memberikan 2 cara kepada anda yaitu :

1. Cara shutdown otomatis melalui CMD
2. Cara shutdown otomatis melalui RUN.

Cara Setting Timer Shutdown Otomatis Menggunakan RUN

1. Tekan tombol start (berada dibawah pojok kiri layar)
2. Pada kotak search program and file, silahkan cari atau ketik RUN. Klik RUN tersebut.

Contoh Gambar 1.1

3. Silahkan tulis 'shutdown.exe -s -t 240'

Keterangan : Tulisan yang diberi warna merah untuk setingan waktunya dalam satuan detik. Jika kamu mau mengaturnya untuk menshutdown satu jam kedepan maka silahkan ganti menjadi 3600.

Contoh Gambar 1.2

4. Lalu tekan ok, dan kamu akan dihadapkan dengan peringatan pop up seperti gambar dibawah ini, kamu akan diberi tahu jam berapa laptop anda akan shutdown oomatis, tekan close saja.

Contoh Gambar 1.3

Cara Setting Timer Shutdown Otomatis Menggunakan CMD

1. Tekan tombol start (berada dibawah pojok kiri layar)
2. Pada Kotak search program and file, silahkan cari atau ketik cmd. Klik cmd tersebut.

Gambar 2.1

3. Silahkan tulis 'shutdown.exe -s -t 240'

keterangan : Tulisan yang diberi warna merah untuk setingan waktunya dalam satuan detik. Jika kamu mau mengaturnya untuk menshutdown satu jam kedepan maka silahkan ganti menjadi 3600.

Contoh Gambar 2.2

4. Lalu tekan enter, dan akan ada jendela pop up seperti pada gambar 1.3, kamu akan diberi tahu jam berapa laptop anda akan shutdown otomatis, tekan close saja.

Demikianlah 2 cara Mematikan Komputer Secara Otomatis Dengan Timer Shutdown Manual. Jangan lupa untuk selalu berbagi informasi kepada teman kamu agar mereka juga tahu mengenai hal ini.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM