Photo : Ilustrasi Berkendara di Tengah Kemacetan

VIAKLIK.COM – Tips | Macet menjadi sebuah masalah tersendiri yang sering terjadi diberbagai belahan dunia. Banyak upaya yang telah dilakukan agar masalah kemacetan bisa diatasi. Namun upaya – upaya tersebut belum memiliki hasil yang maksimal, sesuai dengan apa yang diharapkan.

Kata macet mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang. Persoalan kemacetan dapat terjadi terutama pada saat musim libur panjang atau liburan sekolah. Saat macet datang melanda perjalanan kita, tentunya akan nada perasaan jenuh, stress, bahkan nafsu amarah pun dapat naik turun dan tidak terkontrol.

Lalu bagaimana menyiasati semua hal tersebut, agar macet yang kita alami dapat terlewatkan tanpa harus jenuh, stress, dan marah – marah ?

Berikut kami rangkum 6 cara mengisi waktu saat macet terjadi :

1. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu kamu ketika macet menimpa. Dimana musik dapat membuat mood kita menjadi lebih baik apalagi yang didengarkan adalah lagu favorit. Namun jika dirasa mendengarkan musik dapat mengganggu konsentrasi yang memegang setir, disarankan untuk tidak melakukan hal tersebut demi keselamatan bersama.

2. Bermain Game

Hal ini juga bisa dijadikan alternatif selain mendengarkan musik. Kamu bisa bermain game yang menantang yang akan membuat jenuh dan stress kamu hilang bahkan terlupakan. Jangan takut untuk menghabiskan baterai kamu untuk bermain game, karena biasanya didalam mobil ada tempat untuk mengisi daya baterai handphone.

3. Ngemil maupun Makan Berat

Saat macet terjadi, ngemil dapat menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu kamu. Menikmati makanan berat pun bisa kamu lakukan, agar kamu tidak merasa lelah, lesu dan lapar. Namun untuk supir, disarankan jangan terlalu banyak makan sampai kenyang berlebihan, karena bisa saja membuat ngantuk sehingga membuat perjalanan dan keselamatan kamu berbahaya.

4. Baca Novel ataupun buku

Bagi kamu yang hobi membaca novel, hal tersebut bisa kamu manfaatkan saat macet tiba. Apalagi novel yang kamu bawa adalah novel tentang cinta ataupun novel humor yang akan membuat macet kamu tidak terasa dan lebih berkualitas.

5. Tidur

Agar keadaan kamu tidak tambah stress maupun jenuh lebih baik ditidurkan saja. Ketika kamu bangun badan akan menjadi segar dan fit untuk kembali melanjutkan perjalanan liburan kamu. Untuk supir tidak disarankan tidur saat ditengah kemacetan kecuali singgah terlebih dahulu di rest area sekitar.

6. Menonton Film atau Youtube

Jika kamu membawa laptop ataupun sudah mengcopy film ke handphone kamu, menonton film dapat membuat mood kamu menjadi lebih baik lagi. Namun jika kamu tidak membawa laptop dan belum mengcopy film, youtube menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan hiburan, dimana menonton youtube akan membuat keadaan macet yang kamu alami tidak terasa. Biarkan kuota kamu terkuras daripada diam saja yang membuat semua rasa jenuh, stress, dan emosi kamu meningkat drastis.

Demikianlah 6 cara mengisi waktu luang saat terjebak macet, semoga rasa jenuh dan sebagainya bisa hilang tanpa harus emosi dan marah – marah tidak jelas.

Editor : Redaksi VIAKLIK.COM